Uncategorized

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Cegah Penuaan Dini

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Cegah Penuaan Dini

PELANGI KOIN – Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Cegah Penuaan Dini, Hampir setiap makanan atau minuman membutuhkan gula untuk menambahkan cita rasa manis. Biasanya, masyarakat menggunakan dua jenis gula sebagai pemanis masakan, yaitu gula pasir dan gula aren. Meski fungsinya sama, namun kandungan dan rasa kedua gula ini sedikit berbeda.Gula putih atau gula pasir umumnya terbuat dari kristalisasi tebu dan memiliki jumlah kalori yang cukup banyak. Sedangkan, gula aren biasanya terbuat dari nira atau aran dan memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit.

gula aren jauh lebih sehat dibandingkan dengan gula pasir. Hal ini karena kandungan kalori pada gula aren jauh lebih sedikit. Selain itu, gula aren juga memiliki kandungan penting seperti vitamin C, vitamin B1, asam folat, hingga zat besi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi gula aren secara

rutin dan teratur dapat menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.Lantas, apa saja manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh? Simak ulasannya yang berikut ini;

Meredakan Stres

Banyaknya rutinitas sehari-hari yang harus kita kerjakan terkadang membuat suasana tegang, tidak tenang, dan sering menimbulkan stres. Kondisi ini jika tidak segera diatasi dapat meningkatkan risiko gangguan depresi. Salah satu cara alternatif mengatasi kondisi ini ialah menyeduh minuman dengan tambahan gula aren.

Manfaat gula aren bisa meredakan stres karena pemanis ini mampu merangsang hormon bahagia di dalam tubuh. Selain itu, kandungan gula aren juga berfungsi efektif untuk menurunkan ketegangan otak. Sehingga dengan menambahkan gula aren pada minuman yang Anda sukai membantu melepaskan ketegangan dalam tubuh yang sering kali memicu stres.

Mengatasi Darah Rendah

Manfaat gula aren berikutnya dapat mengatasi darah rendah. Seseorang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya akan mengalami gejala pusing, mata berkunang-kunang, dan sering merasakan lemah lesu. Kondisi ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kerusakan otak dan jantung.

Salah satu cara alternatif mengatasi tekanan darah rendah dengan mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula aren. Saat mengonsumsi pemanis ini, glikogen di hati akan di transfer menuju hipotalamus. Hal ini akan mempengaruhi kinerja otak dan kecepatan denyut jantung, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah agar tetap bisa beraktivitas dengan optimal.

Hampir semua perempuan pernah merasakan nyeri menjelang haid. Kondisi ini karena terjadi kontraksi otot pada rahim yang di sebabkan oleh hormon prostaglanindin. Rasa nyeri tersebut semakin meningkat ketika seseorang hampir mendekati masa menstruasi.

Rasa nyeri saat menjelang haid ini bisa di atasi dengan berbagai cara, salah satunya mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula aren. Kandungan flavonoid pada gula aren berfungsi efektif untuk meredakan rasa nyeri ketika sedang menstruasi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat gula aren yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi gula aren.

Kandungan nutrisi penting pada gula aren berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi ini juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Meningkatkan Energi

Manfaat gula aren lainnya ialah dapat meningkatkan energi. Saat tubuh terasa lesu dan kurang semangat saat akan menjalani rutinitas sehari-hari, mengonsumsi gula merah menjadi solusi tepat agar tubuh bugar kembali. Gula aren kaya akan karbohidrat yang di percaya mampu menyumbangkan energi bagi tubuh.

Ketika seseorang mengonsumsi pemanis ini, keberadaannya akan di ubah menjadi glikogen yang nantinya akan di simpan pada otot yang berfungsi untuk menyumbang tubuh agar kuat melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif saat di butuhkan oleh jaringan lain.

Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyakit yang banyak di alami seseorang. Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi gula aren. Pasalnya, gula aren memiliki kadar potasium tinggi yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan bioaktif pada gula merah juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi gula aren secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya lainnya.

cs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *